AMIK YMI Gelar Seminar Informatika

  amiktegal
  3 years ago
  635
AMIK YMI Gelar Seminar Informatika Image

AMIK YMI Gelar Seminar Informatika

`

Globalisasi ekonomi atau di tingkat ASEAN lebih dikenal dengan AFTAmenuntut semua Negara berlomba meningkat kualitas SDM. Salah satu factor yang mendukung hal tersebut adalah kemampuan dalam mengakses dan mengelola informasi. Artinya, bahwa pemanfaatan TIK secara efektif dan efisien merupakan critical success factor dalam meningkatkan daya saing nasional dan global. Lingkaran relasi inilah yang membuat negara‐negara di dunia berlomba‐lomba meningkatkan literasi SDM‐nya di bidang TIK.

Berangkat dari fenomena tersebut, maka pada hari Minggu, 31 Agustus 2014, AMIK YMI Tegal menyelenggarakan seminar informatika dengan tema Membangun Bangsa dengan Teknologi secara Beradab. Seminar kali ini dihadiri lebih dari 150 orang yang memadati Gedung Pramuka, Jalan Hang Tuah Kota Tegal. Peserta didominasi oleh kalangan pelajar dan mahasiswa, antara lain dari AMIK sendiri, ABA IEC, STAIBN, SMK Astrindo, SMK YPT, SMA Ikhsaniyah Tegal, SMK N 2 Tegal, SMA N 2 Tegal dan SMK Karya Bhakti Brebes.

Sesi Pertama diisi oleh narasumber yang cukup kompeten di bidangnya, Maya Rini Handayani, M.Kom, Dosen IAIN Walisongo Semarang. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan bahwa semakin besar kemajuan dalam akses informasi, akan semakin besar pula kemampuan dan kesempatan setiap pelaku usaha untuk belajar dan mendapatkan keuntungan melalui pembagian informasi penting dari seluruh dunia. Penguasaan informasi merupakan faktor penting bagi para pelaku usaha di negara-negara berkembang. Hal lain yang paling mendukung kesejahteraan ekonomi negara yang sedang berkembang adalah prasarana telekomunikasi dan akses informasi. Tanpa prasarana telekomunikasi dan informasi maka perekonomian suatu bangsa akan gagal.

Sesi Kedua ditutup dengan pemaparan dari Motivator ternama yakni Tedi Kartino, SP. Para peserta dibangkitkan semangatnya untuk berperan serta aktif dalam membangun bangsa dengan melakukan hal-hal positif bagi diri sendiri dan lingkungannya serta berusaha menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. “Lebih mulia menjadi pemenang daripada pencundang, tak jadi soal dulunya kita siapa sebab bagi Yang Maha Kuasa tidak ada hal mustahil bila umatnya mau berusaha,” ujar Kak Tedi.

Ketua Seminar, Moh. Tri Raharjo, S.Kom mengemas seminar ini menjadi sangat berkesan bagi para pesertanya, tidak hanya karena materi yang menarik dan narasumber yang berkompeten namun juga disisipi dengan intermezzo berupa bagi-bagi doorprize bagi peserta yang bertanya. Menurut salah satu peserta, Muhammad Ali Furqon, banyak ilmu dan pesan bermanfaat yang disampaikan narasumber. Terutama bagi fresh graduate, karena mampu memberikan gambaran hal-hal apa saja yang perlu disiapkan untuk menyongsong globalisasi terutama yang berhubungan dengan IT dan motivasi yang diberikan Kak Tedi mampu membangkitkan semangat untuk menyongsong masa depan.

Post a comment

Error: You must be logged in to leave comments. Please login by clicking here.

No comment is found.