AMIK YMI Tegal Adakan Pelatihan Web Design di SMK N 2 Tegal

  amiktegal
  1 year ago
  430
AMIK YMI Tegal Adakan Pelatihan Web Design di SMK N 2 Tegal Image

AMIK YMI Tegal Adakan Pelatihan Web Design di SMK N 2 Tegal

`

Tak pernah terbayangkan sebelumnya dibenak Deni, siswa SMK N 2 Tegal.bila ternyata mendesain web sangat mudah. Hanya perlu memanfaatkan menu – menu  yang ada di Program Dreamweaver CS5, maka tampilan sederhana sebuah website sudah bisa ditampilkan. Sedangkan untuk menyempurnakannya diperlukan praktek berulang-ulang dan memahami kode-kode HTML. Jiwa seni juga sangat berperan disini.

Untuk itulah, AMIK YMI Tegal melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) mengunjungi sekolah-sekolah yang ada di wilayah Tegal dan sekitarnya untuk mengenalkan Web Design. Dalam rangka melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi, maka pada tanggal 17 Januari 2015, Tim LP2M mengadakan pelatihan ke SMK N 2 Tegal. Kali ini jumlah peserta mencapai 34 orang, yang merupakan siswa-siswi kelas 12 jurusan TKJ.

Menurut pemaparan dari narasumber, Rosyid, S.Kom, Web adalah kumpulan halaman yang dapat menampilkan informasi berupa gambar, animasi, tulisan, suara maupun gabungan dari keseluruhannya yang bersifat statis atau dinamis yang dapat membentuk rangkaian yang saling terkait dan dihubungkan dengan banyak link. Halaman web biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang bisa diakses melalui HTTP, yaitu sebuah protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Berdasarkan tempat dijalankannya perintah dalam pemrograman web, terdapat 2 kategori yaitu client side programming dimana script programnya dijalankan di client atau dalam hal ini adalah browser internet. Contoh kategori ini adalah pemrograman javascript, java applet. Kategori pemrograman web yang lain adalah server side programming, dimana script program dijalankan di server.

Kepala UPTD SMK N 2 Tegal, Mas Rudianto, S.Pd melalui Ketua Kompetensi Keahlian Endro Suseno, S.Kom menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan yang diselenggarakan tim LP2M AMIK YMI Tegal. Hal ini sesuai kebijakan mutu pelayanan pendidikan yaitu membentuk siswa yang unggul dalam prestasi, kompeten, beriman, bertaqwa, siap bersaing dalam era globalisasi, mandiri, disiplin jujur dan bertanggung jawab.

Post a comment

Error: You must be logged in to leave comments. Please login by clicking here.

No comment is found.