AMIK YMI Tegal Bekerja Sama dengan SMK Bhakti Praja Talang Mengadakan Works

  amiktegal
  2 years ago
  403
AMIK YMI Tegal Bekerja Sama dengan SMK Bhakti Praja Talang Mengadakan Works Image

AMIK YMI Tegal Bekerja Sama dengan SMK Bhakti Praja Talang Mengadakan Works

`

Saat krisis moneter melanda dunia, satu persatu industri hancur. Pebisnis banyak yang bangkrut. Namun masih ada beberapa jenis usaha yang saat itu mampu bertahan hingga kini yaitu usaha berbasis rumahan atau lebih familier dengan istilah home industry. Oleh sebab itu cukup pantas kiranya bila mereka disebut pejuang pembangunan.

Pembangunan tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah saja. Semua komponen dalam sebuah Negara juga wajib berperan aktif. Indonesia yang tersohor dengan kesuburannya, ditambah dengan jumlah penduduknya yang cukup banyak, karakternya yang ramah, beretika dan suka bekerja keras, merupakan salah satu modal untuk bangkit kembali menjadi Negara Maju dan patut diperhitungkan dunia internasional

Dukungan teknologi sangat diperlukan untuk mencapai hasil yang maksimal. Sebagai contoh, salah satu masalah yang dihadapi oleh usaha yang berbasis rumahan adalah pemasaran, selain permodalan tentunya. Dengan penguasaan teknologi informasi, masalah ini bisa diminimalisir. Jika selama ini pemasaran hanya mencakup area tertentu atau lokal, maka dengan Web, seorang pengusaha bisa memperkenalkan produknya menembus batas ruang dan waktu. Web adalah kumpulan halaman yang dapat menampilkan informasi berupa gambar, animasi, tulisan, suara maupun gabungan dari keseluruhannya yang bersifat statis atau dinamis yang dapat membentuk rangkaian yang saling terkait yang dihubungkan dengan banyak link

Menurut Kepala SMK Bhakti Praja Talang, Rofikoh, M.MPd, melalui Guru TKJ, Budi Suryanto, S.Kom, pemrograman Web merupakan salah satu mata pelajaran unggulan bagi siswa/i-nya. Bahkan sekolahnya pernah mendapatkan Juara 1 lomba Web Desain; Juara 3 Lomba Animasi dan Juara 3 Lomba IT Networking, tingkat Kab.Tegal. Dalam rangka meningkatkan skill pembuatan Web, SMK Bhakti Praja Talang bekerja sama dengan AMIK YMI Tegal mengadakan workshop Pembuatan Web dengan tema “Mencapai Kesuksesan dengan Memanfaatkan Teknologi,” yang dilaksanakan pada tanggal 9 November 2013 dengan jumlah peserta 25 orang.

Muhammad Fikri Hidayatullah, M.Kom yang didaulat oleh AMIK YMI Tegal sebagai narasumber dalam kegiatan ini, menyampaikan apresiasinya. Perkembangan teknologi informasi yang diadopsi oleh siswa/i SMK Bhakti Praja Talang cukup bagus dan up to date. Hal ini apabila dipertahan bahkan ditingkatkan bisa menjadi salah satu sekolah menengah unggulan di wilayah Kabupaten Tegal. Dalam pemaparannya, Fikri menjelaskan untuk keperluan bisnis dan pendidikan, Web dinamis lebih cocok dikembangkan. Sebab bisa terbangun interaksi antara pengguna dengan sistem atau pemilik web, dapat menampilkan informasi dari database dan yang lebih menarik adalah halaman web dapat berubah secara otomatis. Untuk mendukung web dinamis dibutuhkan suatu pemrograman web. Berdasarkan tempat dijalankannya perintah dalam pemrograman web, terdapat 2 kategori yaitu client side programming dimana script programnya dijalankan di client atau dalam hal ini adalah browser internet. Contoh kategori ini adalah pemrograman java script, java applet. Kategori pemrograman Web yang lain adalah server side programming script program dijalankan di server. Beberapa bahasa pemrograman yang termasuk kategori ini adalah CGI, PHP, ASP, Phyton.

Post a comment

Error: You must be logged in to leave comments. Please login by clicking here.

No comment is found.