AMIK YMI Tegal Bekerja Sama dengan SMK YPT Mengadakan Pelatihan Editing Vid

  amiktegal
  2 years ago
  338
AMIK YMI Tegal Bekerja Sama dengan SMK YPT Mengadakan Pelatihan Editing Vid Image

AMIK YMI Tegal Bekerja Sama dengan SMK YPT Mengadakan Pelatihan Editing Vid

`

“Hidup menjadi berharga bila bermanfaat untuk sesama.” Berangkat dari pemikiran tersebut Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) AMIK YMI, yang beralamat di Jl. Raya Dampyak KM 4 Tegal, bekerja sama dengan SMK YPT Tegal mengadakan pelatihan editing video, yang dilaksanakan pada tanggal 8 sampai 12 November 2013, dan diikuti 48 peserta.

Mohammad Tri Raharjo, S.Kom sebagai ketua panitia mengatakan, editing video merupakan ilmu pengetahuan bidang komputer sekaligus sebagai seni yang aplikatif, karena untuk menggunakannya perlu dasar ilmu dan untuk mengembangkannya dibutuhkan seni sedangkan untuk mencapai kemahiran diperlukan praktek berulang-ulang. Seseorang yang punya kemampuan editing video bisa melakukan banyak hal yang bermanfaat, baik itu untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Bila diperiode sebelumnya, sebagian besar orang membuat dokumentasi hanya berupa tulisan atau foto. Maka, dengan video orang bisa membuat dokumentasi yang sangat lengkap karena ada suara, gambar bergerak dan tulisan.

Kepala SMK YPT Tegal, Solihin, S.Pd melalui Guru Produktif Teknik Video, Ade Ermillian, S.Kom menyampaikan, ada beberapa software yang bisa digunakan dalam mengedit video, yaitu Windows Movie Maker (WMM), Video Pad, Avidemux, VSDC, Free Video Dub, Ulead dan Pinnacle. Semuanya menarik untuk dipelajari dan punya keunggulan masing-masing. Tergantung dari tujuan dan kepraktisannya. Bagi editor video tingkat dasar maka WMM mungkin lebih cocok digunakan, tapi bila menginginkan menu-menu editing yang lebih lengkap supaya hasilnya lebih bagus maka Ulead atau Pinnacle lebih cocok diaplikasikan.

Tim LP2M yang diwakili oleh Aries Setyani W. P, SP, MM berharap kegiatan positif semacam ini bisa rutin diadakan, salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan skill komputer siswa/I SMA/K sederajat agar lebih mantap untuk meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi atau lebih siap memasuki dunia kerja. Selain itu juga supaya ada sinergi ke arah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi antara Perguruan Tinggi dengan jenjang Pendidikan Menengah.

Post a comment

Error: You must be logged in to leave comments. Please login by clicking here.

No comment is found.