AMIK YMI Tegal Mengadakan Pelatihan Pembuatan Web di SMK Muhammadiyah 1 Teg

  amiktegal
  2 years ago
  351
AMIK YMI Tegal Mengadakan Pelatihan Pembuatan Web di SMK Muhammadiyah 1 Teg Image

AMIK YMI Tegal Mengadakan Pelatihan Pembuatan Web di SMK Muhammadiyah 1 Teg

`

AMIK YMI Tegal, yang beralamat di Jalan Raya Dampyak KM 4 sangat mendukung siswa/i SMA dan SMK sederajat di wilayah Tegal dan sekitarnya untuk menguasai Teknologi Informasi dan Komputer. Melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) AMIK YMI bekerja sama dengan SMK Muhammadiyah 1 Tegal mengadakan pelatihan pembuatan Web menggunakan Macromedia Dreamweaver CS5 pada tanggal 21 November 2013 dan berakhir tanggal 22 November 2013. Peserta pelatihan kali ini sebanyak 60 orang yang terbagi dalam 2 kelompok.

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Tegal, Drs. Riswanto, MM melalui Guru Produktif Multimedia, Abdul Wahab, S.Kom menyampaikan, sekolahnya sangat serius berusaha mewujudkan slogan SMK Bisa. Melalui program Sekolah Budaya Industri (SBI) diharapkan dapat menghasilkan lulusan utama yang bermutu global dan berakhlaqul karimah. SBI direalisasikan antara lain dengan penyediaan sarana-prasarana yang sesuai standar industri, tingkat kedisiplinan yang tinggi, baik disiplin belajar maupun disiplin dalam sikap termasuk cara berpakaian. Bukti keseriusan sekolah meningkatkan mutu hardskill dan softskill siswa/i-nya adalah dengan diraihnya beberapa prestasi di tahun 2013yang cukup membanggakan. Antara lain : Juara 1 Cabang Silat Kota Tegal, Juara 1 Bola Voli Kota Tegal, Juara 1 Atletik Lari 100 – 200 m dan Juara 2 Lomba Kompetensi Siswa Tingkat Jawa Tengah Cabang Welding.

Ada 5 jurusan yang bisa dipilih siswa/i SMK Muhammadiyah 1 Tegal, yaitu Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Pengelasan, Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri, Teknik Kendaraan Ringan (Otomotif) dan Multimedia. Jurusan yang saat ini menjadi tren hampir disebagian besar SMK adalah Komputer, salah satunya yaitu Multimedia. Perkembangan ilmu komputer yang pesat menuntut dunia pendidikan untuk selalu up to date.

Menurut tim LP2M AMIK YMI yang diwakili oleh Aries Setyani W P, SP, MM, bila sebelumnya orang terbatas bahkan kesulitan untuk mencari informasi dalam rangka mengembangkan pengetahuan dan kemampuannya, saat ini sudah tidak terjadi lagi, sebab dengan teknologi internet orang bisa mencari informasi apa saja. Internet juga mempunyai manfaat bagi dunia usaha/industri. Dengan kemampuan membuat website yang menarik, seorang pengusaha bisa dengan mudah memperkenalkan company profile dan mempromosikan produknya tanpa batas ruang dan waktu.

Materi yang dipilih oleh trainer pelatihan, Muhammad Fikri Hidayatullah, M.Kom adalah pembuatan web dinamis. Keunggulan web dinamis adalah bisa terjadi interaksi antara pengguna dengan sistem atau pemilik web, dapat menampilkan informasi dari database dan yang lebih menarik adalah halaman web dapat berubah secara otomatis. General menu yang tampil pada halaman web antara lain home; about us; blog dan contact. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, bisa memotivasi siswa/i SMK Muhammadiyah 1 Tegal agar lebih siap mental untuk menjadi insan produktif, siap memasuki dunia usaha/industri bahkan mampu bekerja mandiri.

Post a comment

Error: You must be logged in to leave comments. Please login by clicking here.

No comment is found.