Big Data Analytics Atasi Masalah Pelik

  amiktegal
  3 months ago
  145
Big Data Analytics Atasi Masalah Pelik Image

Big Data Analytics Atasi Masalah Pelik

Big Data Analytics Atasi Masalah Pelik

Peredaran illegal dan penyalahgunaan opium rupaya sudah membuat gerah Pemrintah Amerika Serikat. Bahkan penyalahgunaan opium dianggap telah mencapai tahap kritis di AS. Setiap hari, setidaknya 44 karyawan melayang akibat overdosis salah satu jenis zat nakotika yang kerap dikonsumsi pengguna obat-obatan terlarang tersebut.

Kondisi tersebut membuat pemerintahan Amerika giat mencari cara untuk mencegah pemberiaan resep obat yang mengandung opium secar sembarang. Selain itu, mereka juga secara terus menerus mengedukansi pasien maupun pemberi resep tentang bahaya penggunaan opium secara berlebihan.

Beraneka cara diupayakan untuk menanggulangi masalah yang mengharuskan pemerintah AS mengeluarkan anggaran hinggu US$ 25 miliar itu. Pemerintah AS melakukan riset terhadap opioid yang bersifat abuse deterrent, memperluas program safe drug disposal di berbagai komunitas, dan meningkatkan penggunaan metode alternatif penghilang rasa sakit dalam tindakan bedah.

Kini, Pemerintah AS menemukan cara lain untuk menanggulangi  masalah yang mulai menjadi endemic itu, yakni dengan memanfaatkan big data dan analytics. Department of Justice AS belum lama ini mengumumukan dibentuknya Opioid Fraud and Abuse Detection Unit. Unit khusus ini bekerja dengan mamanfaatkan analytics  terhadapa data-data kesehatan untuk mengidentifikasi dan mengatasi penyalahgunaan .

                Ya, pemanfaatan big data dan analytics kini menjangkau spectrum yang semakin luas diberbagai bidang dan industry. Kisah sukses aplikasi big data analytics dulu kerap terdengar dalam aktivitas penjualan, pemasaran dan  pengelolaan pelanggan. Bidang kesehata pun tak kalah majunya dengan mengombinasi big data, analytics, dan cloud untuk, antara lain, melakukan uji klinis terhadap obat obatan yang akan diproduksi.

Sekarang, untuk memecahkan masalah obat terlarang pun, big data dan  analitycs telah dilibatkan. Namun kami belum akan memaparkan bagaimana Pemerintah AS mengimplementasikan itu.

Dalam rubik Cover Story kali ini, kita kan menyimak bagaimana big data analytics dapat membantu menanggulangi froud. Ini tentu sebuah langkah penting mengingat ancaman froud terus meningkat seiring tren pembayaran dan pergerakan uang yang semakin cepat serta real time. Bagaimana hal itu dilakukan dengan  big data analytics? Simak Informasi lengkapnya dimajalah InfoKomputer edisi September ini.

#INFOKOMPUTER

Post a comment

Error: You must be logged in to leave comments. Please login by clicking here.

No comment is found.