Kecerdasan Digital

  amiktegal
  3 months ago
  208
Kecerdasan Digital Image

Kecerdasan Digital

KECERDASAN DIGITAL

Dunia Dalam “Big Data”

Kompas, Minggu 14 Mei 2017

                        Tidak hanya di Gooegle, rekomendasi bedasarkan interst atau minat ini muncul diberbagai tempat digawai kita. Bisa berupa berita, iklan produk, artikel, tiket atau apapun yang dekat atu bersentuhan dengan kita. Satu klik saja pada tawaran umpan itu, akan segaera mnegonfirmasi minat itu. Lalu dikemudian hari, umpan umpan serupa akan terus berseliweran didepan mata.


                        Contoh lain jalur yang disediakan aplikasi Waze untuki mencari jalan alternatif atau “jalan tikus” guna menyiasati kemacetan. Atau streaming musik dan film lewat spotify, Netflix, dan Inflix, yang begitu kita buka akan memberikan rekomendasi sesuai dengan minat kita.


                        Begitulah, semua itu terwujud diantara berkat teknologi big data. Sumber informasinya bisa bermacam-macam, seperti transaksi bisnis, media sosial, dan segala gawai yang terhubung dengan internet. Aliran data ini terkumpul dengan begitu cepat seiring dengan aktifitas sumber informasi tadi yang memberikan variasi data yangf sangat beragam, mulai dari dokumen foto, vidio, suara, surat elektronik, hingga transaksi keuangan.


                        Kebiasaan kita dalam menggunakan gawai, seperti akses mesin pencari, apa yang dicari, situs yang dikunjungi, dan artikel yang dibaca, menjadi rekaman pola perilaku yang menjadi sumber big data. Namun, data ini tidak berati jika tidak diolah . Pengolahanya tergantung pada tujuan atau hasil yang hendak dicapai. Ketersediaan data yang sangat banyak ini membantu dalam pengambilan sebuah keputusan.

Post a comment

Error: You must be logged in to leave comments. Please login by clicking here.

No comment is found.