Kunjungan Industri PG Pangka 2015

  amiktegal
  1 year ago
  390
Kunjungan Industri PG Pangka 2015 Image

Kunjungan Industri PG Pangka 2015

`

Untuk kesekian kalinya AMIK YMI Tegal yang beralamat di Jl. Raya Dampyak KM 4 Tegal mengadakan Kunjungan Industri yang menjadi agenda tahunan. Namun, di tahun akademik 2015/2016 ini kami memilih Pabrik Gula (PG) Pangka Tegal yang merupakan perusahaan yang menjadi salah satu produsen gula di wilayah Jawa Tengah.  Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 20 September 2015 dengan diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan staf AMIK YMI Tegal.

Kunjungan Industri ini bertujuan membuka wawasan para mahasiswa AMIK YMI Tegal tentang kegiatan operasional produksi di PG Pangka, dan semoga kunjungan industri ini dapat memberikan manfaat bagi para mahasiswa untuk mengetahui bagaimana pemrosesan tebu sehingga bisa menjadi gula yang siap untuk dikonsumsi. Kegiatan ini juga sebagai sarana mempererat tali silaturahmi di antara sivitas akademika AMIK YMI Tegal dan mahasiswa. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun relasi dengan instansi/lembaga/perusahaan di sekitar kampus dan menjadikan generasi penerus bangsa yang mampu berfikir untuk jauh kedepan dalam berwirausaha Demikian disampaikan oleh Johan Tanawar selaku ketua panitia dari kegiatan ini.

Pada kegiatan ini mahasiswa diberikan pengetahuan bagaimana proses produksi dari bahan mentah (tebu) untuk diolah menjadi gula yang siap dikonsumsi melalui tayangan video dan melihat secara langsung di pabrik. Tahapan produksi dimulai dengan  pemerahan (penggilingan), pemurnian, penguapan, kristalisasi, pemisahan dan penyelesaian (sugar handling), dan pengepakan/pengemasan (packing).

Perlu diketahui PG Pangka merupakan lokasi agrowisata di wilayah kabupaten Tegal, sehingga akhir dari kegiatan ini diisi dengan kegiatan keliling area pabrik dengan menggunakan loko antik dan foto bersama. Sebagai bentuk pertanggungjawaban tertulis dari kegiatan ini, nantinya mahasiswa diminta membuat laporan ilmiah yang akan dikumpulkan sebagai nilai tugas.

Sumber : Puji Purnamasari (mhs smt 3)

 

Post a comment

Error: You must be logged in to leave comments. Please login by clicking here.

No comment is found.