Peningkatan Mutu Bertumpu pada Data

  amiktegal
  2 months ago
  99
Peningkatan Mutu Bertumpu pada Data Image

Peningkatan Mutu Bertumpu pada Data

Peningkatan Mutu Bertumpu pada Data

Menyusun arah pendidikan nasional ibarat perjalanan panjang menggapai tujuan besar di depan. Agar bisa menentukkan haluan, perjalanan ini membutuhkan bekal berupa peta dan peta itu adalah data.

Pengumpulan dan pengelolahan data terkait penyelenggaraan pendidikan tinggi adalah salah satu kunci membaca peta pendidikan dan menentukkan arah jangka panjang pendidikan nasional. Keseriusan mengolahan data juga menjadi langkah besar untuk upaya peningkatan mutu dan keterbukaan informasi pendidikan tinggi.

Sejak diperkenalkan pada 2012 melalui undang-undang No. 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi, PDDikti menjadi sistem yang menghimpun data pendidikan tinggi dari seluruh perguruan tinggi yang terintegrasi secara nasional. Kemudian pada 2016 tentang pangkalan data pendidikan tinggi, yang didalamnya menjelaskan data yang akan dikumpulkan mencakup data pembelajaran, penelitian,dan pengabdian masyarakat.

Tujuan utama PDDikti adalah untuk menjadi instrument pendukung sistem pejaminan mutu pendidikan tinggi agar kualitasnya senantiasa terjaga. Bentu kpemanfaatan data ini sangat  beragam, misalnya menjadi acuan data ini sangat beragam, misalnya menjadi acuan data kuantitatif bagi badan akreditasi nasional perguruan tinggi (BAN-PT) danjugalembagaakreditasmandiri (LAM) ketikaakanakanmelakukanakreditas. Lewat data-data yang ada di PDDikti, diharapkan akan terbaca juga bagaimana tiap peguruan tinggi memenuhi sejumlah standar pendidikan sehingga rekomendasi-rekomendasi untuk memperbaiki mutu bias disusun.

Data yang dikumpulkan di PDDikti juga sangat strategis untuk mendukung berbagai aktivitas dan program yang ada dikementrian, seperti bantuan pendidikan bidikmisi, sertifikasi dosen, dan uji kompetensi profesi. Bagi sector swasta, data ini juga berguna misalnya untuk analisis kebutuhan pegawai, pengecekan keabsahan data, dan Referensi data.

Kolaborasi dan integrasi

            PDDikti juga sedang menyiapkan diri untuk menggarap sejumlah pekerjaan. Salah satunya, berkolaborasi dengan kementrian atau lembaga pemerintahan yang lain dalam rangka menyediakan data yang relevan untuk menyiapkan arah besar pendidikan nasional.

Sejumlah 62 persen mahasiswa menekuni bidang sosial-humaniora. Padahal, pembangunan saat ini berfokus pada kedaulatan pangan, kedaulatan energy, kemaritiman dan kelautan, serta pariwira dan industri. Lulusan sains-teknik yang saat ini sangat dibutuhkan untuk mendorong pembangunan hanya berjumlahan 38 persendari total lulusan peguruan tinggi. Jumlah yang sangatkurang. Peguruan tinggi di Indonesia mencapai 4.516 institusi di dominasi perguruan tinggi akademik. Jenjang program studi diploma dan sarjana-1 (S1), yakni 74 persen pada S1 dan hanya 26 persen pada diploma.

Misalnya yang mengangkut kesesuaian sumber daya manusia dengan arah kebutuhan industri, kesesuaian program studi dengan potensi wilayah tempat pendidikan tinggi itu diselenggarakan, atau mobilesasi mahasiswa dan lulus setiap peguruan tinggi. Kelak, secara tidak langsung upaya-upaya ini akan memajukan industry dan mendodrong pertumbuhan ekonomi. [NOV]

            

Post a comment

Error: You must be logged in to leave comments. Please login by clicking here.

No comment is found.