Data Scientist Akan Makin Laris

  amiktegal
  2 years ago
  909
Data Scientist Akan Makin Laris Image

Data Scientist Akan Makin Laris

Semasa kuliah di sebuah akademi di Virginia, Murayy Webb termasuk mahasiswa yang kurang bersemangat dalam urusan akademis. Bagi Murray,kegiatan pleh raga jauh lebih menarik dari pada mengerjakan tugas kuliah. Namun begitu iya di wisuda sebagai Master di bidang Statistik Teapan dari Kennesaw State University,Murray lansung memperoleh tawaran pekerjaan dari perusahaan sekaligus! Bahkan setelah bekerja pun, tiap minggu Murray Webb masih di hubungi perusahaan atau biro perekrutan karyawan.

Cerita yang kurang lebih sama juga di alami oleh Rifan, Seorang data scientist yang bekerja di perusahaan asuransi. Terpukau quick count, ayah Rifan mengajurkan putranya belajar ilmu statistic. Padhal Rifan bercita-cita menjadi insinyur Kimia. Selepas S2 di bidang Statistik Terapan,tawaran pekerjaan dibidang analytics pun dating bertubi-tubi.

Murayy maupun Rifan adalah bagian dari tren teknologi dan tren pekerjaan saat ini. Banyak korporasi maupun perusahaan rintisan sedang “memburu” sumber daya manusia yang ahli dibidang data science. Para ahli ini dicari foto-foto yang diunggah penguna jejaringan social menjadi kode binary yang mendatangkan keutungan bagi bisnis.

Walhasil, data scientist menjdai profesi paling “seksi” dan dicari di Amerika Serikat. Bagaimana di Indonesia? Mungkin trenya belum terlalu hype seperti di AS, tetapi kami yakin ini hanya soal waktu. Begitu perusahaan menyadari pentingnya data bagi bisnis di masa depan, saat itu permintaan SDM di bidang data akan melonjak.

Yang terjadi di lua sana adalah kelangkaan data scientist. Bagaimana perusahaan dapat menyisaati hal ini padahal bisnis tak bias menunggu lebih lama lagi? Pilihanya adalah melatih SDM yang ada untuk menjdai ahli data mumpuni.


@INFOKOMPUTER

Post a comment

Error: You must be logged in to leave comments. Please login by clicking here.

No comment is found.