Optimalisasi Media Sosial Bagi Entrepreneur

Optimalisasi Media Sosial Bagi Entrepreneur

Media sosial atau sering juga disebut sebagai sosial media adalah platform digital yang memfasilitasi penggunanya untuk saling berkomunikasi atau membagikan konten berupa tulisan, foto, video, dan merupakan platform digital yang menyediakan fasilitas untuk melakukan aktivitas sosial bagi setiap penggunanya.

Grafik Perbandingan Medsos tahun 2022

Ada berbagai jenis media sosial yang sering kita gunakan, tetapi media sosial ter-Favorit alias sedang booming di Indonesia saat ini adalah Whatsapp menduduki peringkat pertama yang telah merasuki hati masyarakat di Indonesia dengan diagram perbandingan pada bulan Februari tahun 2022, dengan presentase paling tinggi yaitu 35% dari aplikasi media sosial yang lain. Waktu yang digunakan para pengguna whatsapp kurang lebih yaitu selama 31,4 jam/bulan. Whatsapp sendiri memiliki 2 jenis, yaitu Whatsapp Personal dan Whatsapp Bisnis. Kedua jenis Whatsapp ini dapat digunakan sebagai media promosi, selain juga untuk berkomunikasi dalam bentuk teks. Whatsapp Bisnis digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan atau calon pelanggan. Promosi lewat Whatsapp adalah sarana yang paling efektif untuk mereka yang tidak memiliki banyak account media sosial yang lain. Waktu terbaik untuk posting di Whatsapp sendiri adalah pagi sekitar jam 05.00 – 07.00 wib, dikarenakan banyak yang melihat-lihat Whatsapp Stories sebelum berangkat kerja atau sekolah. Sedangkan ketika akhir pekan, pengguna Whatsapp semakin menurun, banyak yang menggunakan waktunya untuk keluarga, dan membisukan aplikasi chatting ini. Memang tak banyak perbedaan antara Whatsapp Personal dengan Whatsapp Bisnis, namun perlu kalian ketahui bahwa kedua Whatsapp ini memiliki fungsi dan fitur yang berbeda. Perbedaan yang mencolok antara kedua Whatsapp ini yaitu diantara lain tampilan informasi profil, tampilan tabel (Whatsapp bisnis), Fitur di luar jam kerja atau Away Messages (Whatsapp bisnis), Fitur salam atau greetings (Whatsapp bisnis), Fitur balas cepat atau Quick Reply (Whatsapp bisnis), Fitur statistik (Whatsapp bisnis), Manfaatkan grup Whatsapp, Pengaturan Whatsapp status. Itulah beberapa fitur yang membuat tampilan Whatsapp Bisnis berbeda dengan Whatsapp Personal. Ada beberapa Kunci pemasaran di Whatsapp Bisnis yang membuat jualan kita semakin meningkat yaitu beberapa diantaranya:

  1. Simpan dan jaga dengan baik data nomor pelanggan
  2. Respon yang cepat dan ramah
  3. Sabar menanggapi pelanggan/calon pelanggan
  4. Foto yang bagus untuk di posting di chat atau grup maupun di status
  5. Pesan yang sesuai dengan situasi dan kondisi

Media Sosial ke-dua yang ramai di minati masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan baik dari para remaja, dewasa bahkan orangtua, khususnya para ibu-ibu. Facebook sendiri adalah media sosial yang lebih banyak digunakan oleh Generasi X (lahir di tahun 1965-1979). Selain Facebook Personal, ada juga Facebook Fan Page. Apabila kita ingin beriklan di Facebook, maka harus memiliki terlebih dahulu akun Fan Page. Waktu terbaik untuk posting di Facebook adalah sekitar jam 13.00-16.00 wib sekitar siang menjelang sore. Untuk promosi di Facebook pun ada berbagai fitur seperti Facebook Ads, Facebook Marketplace maupun di Facebook Story. Itulah beberapa media sosial yang bisa digunakan oleh para Entrepeneur untuk mengembangkan wirausaha dengan mengoptimalkan penggunaan jejaring sosial.

Sumber Info : https://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial dan BLPSDMP KOMINFO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *